Ilmu teknologi
informasi membawa perubahan besar di dunia pendidikan. Perkembangan ilmu
teknologi yang maju di era menuju
industri 4.0 memungkinkan semua kegiatan dilakukan secara cepat dan efisien, dalam
dunia pendidikan. Di STKIP PGRI Lumajang pembelajaran e-learning merupakan pembelajaran baru yang digunakan dalam proses
pembelajaran.Kegiatan
pembelajaran e-learning terjadi melalui interaksi mahasiswa dengan
sumber belajar yang tersedia dan dapat diakses dari internet dimana saja.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar,
terutama hasil belajar ekonomi mahasiswa STKIP PGRI Lumajang. Metode penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan desain penelitian ex- ex-post
factopostfacto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran e-learning berpengaruh terhadap hasil
belajar dengan koefisien korelasi 0,297 dengan N= 45. Persamaan regresi
sederhana Y = 85,977 - 0,388 X. Dengan koefisien korelasi sebesar 0,297, nilai
ini dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel di kategori lemah.
Hasil perhitungan FHitung= 4,166 dengan FTabel = 4,20 dapat disimpulkan FHitung
lebih besar FTabelyaitu 4,166 < 4,20 sehingga Ha dterima dan Ho
ditolak. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
e-learning yang dilaksanakan di STKIP PGRI Lumajang berpengaruh terhadap hasil
belajar mahasiswa. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat
pengaruh anatara pembelajaran e-learning terhadap
hasil belaja rsebesar 8,8%.